Mediabetea Tata Laksana Mediabetea

Tata Laksana Mediabetea

Gizi seimbang kala konsumsi Daun hijau Mediabetea :

  • Konsumsi ½ porsi karbohidrat kompleks (sayur – sayuran hijau)
  • Konsumsi ¼ porsi karbohidrat sederhana ( Nasi putih/nasi merah)
  • Konsumsi ¼ porsi protein (Ikan/Daging/Tahu/Tempe)

Olah raga minimal 5 x seminggu selama minimal 30 menit. Olah raga dapat dipilih berupa olah raga ringan seperti senam diabetes, senam pernafasan, jalan pagi, renang, sepeda, dan lain sebagainya yang tidak memforsir ataupun mencederai tubuh.

Setiap pagi minum teh atau kopi, atau air putih ditambah dengan 1 sendok teh gula pasir. Mengapa demikian? Pankreas tidak dalam kondisi tidak mampu memproduksi insulin. Saat kita tidur, pankreas masih mampu menghasilkan sedikit insulin sehingga diharapkan gula yang kita minum akan langsung dibawa oleh insulin ke dalam sel tubuh seperti otak, hati, dan organ vital lainnya. Selain itu juga akan membuat badan segar dan bersemangat. Jantung akan bekerja lebih sempurna, karena gula pasir menurut teori Kedokteran Timur berguna untuk kesehatan jantung.

Ganti buah – buahan dengan mengkonsumsi 1 batang wortel, 20 batang buncis, tomat, dan lidah buaya secukupnya. Cara penyajiannya dapat dengan diblender, direbus, ataupun dimakan mentah. Wortel, buncis, tomat, dan lidah buaya berguna sekali untuk kesehatan mata, hati, jantung, memperlancar metabolisme pencernaan dan mencegah penyakit lain (komplikasi).

Konsumsi limpa dan hati hewan sebanyak 1 x seminggu sebagai lauk pauk. Menurut teori Kedokteran Timur, limpa dan hati dapat turut membantu mempercepat pemulihan pankreas dan melebarkan pembuluh darah sehingga sangat baik bagi penderita penyempitan pembuluh darah jantung.

Dapat ditambah dengan mengkonsumsi vitamin E, K, dan B12.

Pada kulit yang gatal – gatal karena kering, berikan body lotion sesering mungkin untuk melembabkan kulit.

Perawatan gangren yaitu dengan cara merendam luka pada urine pasien sendiri (urine berfungsi mematikan bakteri, menghilangkan bengkak dan sebagai vaksin) selama 30 menit, setelah itu cuci luka dan rendam lagi selama 30 menit dengan air ramuan dari kulit pohon kamboja putih sebanyak 1 kg, garam 7 sendok makan dan air 2 liter yang sudah digodok dan telah hangat. Selain itu luka juga diberikan Betadine salep dicampur gula pasir yang sudah dihaluskan.

Kaki yang bengkak harus lebih sering ditinggikan. Penderita diabetes kebanyakan mengalami gangguan pembuluh darah sehingga darah sulit mengalir ke seluruh tubuh, terutama ujung kaki dan ujung tangan. Kaki ditinggikan berguna untuk membantu sirkulasi darah dalam pembuluh sehingga menjadi lebih lancar, dan darah yang kaya nutrisi dapat mengalir sampai ke ujung kaki.


Perlu dihindari saat mengkonsumsi Daun Hijau Mediabetea :

  • Produk makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Contohnya gula rendah kalori, soft drink, sirup, limun, coklat, susu manis, kue manis, jamu instant, minuman instan, dan lain – lain.
  • Buah–buahan banyak mengandung glukosa tinggi, sehingga dapat memperburuk kondisi penderita.
  • Jamu/ Ramuan yang pahit, karena dapat mengganggu fungsi organ hati. Dapat mengakibatkan mata rabun, dan impotensi.
  • Makanan olahan yang mengandung bahan – bahan kimia
  • Jangan melakukan pijat refleksi kaki, menempel koyo, tusuk jarum, dan harus menjaga kebersihan kaki untuk menghindari luka pada kaki. Gunakan sepatu berbahan lembut dan lentur sehingga tidak menimbulkan gesekan pada kulit.